8 Cara Memperbaiki ‘USB Device Not Recognized’ dengan Mudah di Windows

8 Cara Memperbaiki ‘USB Device Not Recognized’ dengan Mudah di Windows
5 (100%) 13 votes

Apakah Anda pernah tiba-tiba mendapatkan kesalahan “USB Device Not Recognized” setiap kali Anda memasukkan USB mouse, keyboard, kamera, USB atau perangkat lain? Di zaman sekarang, rasanya susah hidup tanpa port USB. Karena laptop, PC sudah bukan lagi barang mewah dan saat ini setidaknya setiap orang memiliki 5 Port, yakni mouse, keyboard, kamera, telepon, dan printer sekaligus!

Nah, jika Anda sering terkendala dengan hal seperti itu, maka Anda harus menyimak tutorial kami, yang akan kami ulas pada kesempatan kali ini. Sehingga Anda bisa mengatasi kendala “USB Device Not Recognized” pada komputer Anda dengan cepat dan mudah, tanpa harus mengandalkan teknisi dulu. Solusi dari hal ini bukan cumka satu, namun Anda harus melakukan trobelshoot dulu, kemudian menentukan langkahnya harus kemana. Mari kita simak saja tutorial berikut, semoga bermanfaat.

Cara Memperbaiki “USB Device Not Recognized” Dengan Mudah di Windows

1. Unplug Komputer

Maksdunya matikan komputer. Bukan direstart tapi cabut kabel power komputer Anda dan pasang kembali 1 menit kemudian. Jika Anda beruntung, cara sederhana ini sudah bisa mengatasi kegalauan Anda. Pada cara ini tujuannya adalah untuk merestart motherboard, karena motherboard juga perlu direstart.

Dia adalah pusat, di mana semuanya bermuara. Nah, coba lakukan ini sebagai cara pertama. Karena selain simpel, juga mudah dilakukan. Baik, jika sudah maka kita akan beralih pada cara kedua. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

2. Update Device Driver

Nah, cara kedua adalah dengan update driver. Jika Anda menemukan “USB Device Not Recognized” pada komputer Anda, silahkan coba cara kedua ini. Caranya dengan update driver pada laptop atau komputer Anda. Caranya bisa memulai Klik “Start” Slalu ketika perintah “devmgmt.msc”  atau melalui  Control Panel dan click pada Device Manager.

Cek, apakah ada “Unkwong Device” seperti pada gambar di atas? jika ada klik tulisan itu. Langkahnya klik kaan pada “Unknown Device”, klik pada Properties, lalu klik Driver  dan klik Update Driver.  Kemudian perhatikan gambar di bawah ini.

Jika ini tidak berhasil, Anda juga dapat mencoba men-download driver untuk perangkat Anda dari website produsen asli. Jika perangkat USB flash drive(flashdisk), maka bukan masalah driver.

3. Restart & Disconnect USB Devices

Cara ketiga adalah restart dan lepaskan semua USB. Cara ini bisa jadi karena masalah kecil pada driver yang butuh restart saja. Makanya, cobalah lepaskan semua USB yang ada, kemudian restart komputer dan jika sudah menyala, masukkan lagi USB.

Kemudian cek, pada USB yang tidak dikenali. Coba pindahkan posisinya. Bisa jadi karena posisi yang tidak cocok saja. Nah, selamat mencoba, semoga bermanfaat untuk Anda semua. Salam.

4. USB Root Hub

Lakukan USB Root. Karena cara ini cukup efektif jika memang tidak ada kerusakan hardware. Caranya adalah dengan open Device Manager, keumudian masuk ke USB Serial Bus Controllers, klik kanan USB Root Hub kemudian klik Properties.

Selanjutnya klik pada tab Manajemen Power dan Hapus centang pada “Allow the computer to turn off this device to save power” pada kotak. Jika Anda memiliki lebih dari satu USB Root, Anda perlu mengulangi langkah-langkah tersebut untuk masing-masing USB.

Klik “OK” dan kemudian restart komputer Anda. Silahkan coba untuk menyolokkan USB kembali, jika masih USB Device Not Recognized, silahkan kembali ke tab manajemen daya dan centang kotak lagi.

5. Connect Directly to PC

Salah penyebab USB Not Reconized biasanya karena memakai USB sambungan. Salah satu teman kami pernah mengatakan, 8 port USB miliknya tidak bisa berfungsi karena dia memakai USB tambahan. Nah, ini sebuah kesalahan. Usahakan untuk langsung nyambung ke PC saja. Jangan memakai tambahan alat. Karena dengan ini bisa jadi rusaknya alat yang menjadi biang keroknya.

6. USB Troubleshooter

Jika sama sekali tidak ada yang berhasil, silahkan coba untuk melakukan trobel shooter. Caranya download software ini, kemudian lakukan atau pakai untuk mengecek semuanya. Software ini berasal dari windows, dan bekerja pada windows 7, 8 serta 10. Gratis.

7. Update Generic USB Hub

Jika Anda mendapatkan Uknown device eror di device manager, Anda juga bisa mencoba cara yang satu ini.Bukan Open device manager kemudian buka  Universal Serial Bus Controllers.

Kemudian cari Generic USB Hub. Biasanya ada beberapa menu ini pada satu komputer. Temukan yang pertama kemudian klik kanan dan pilih Update Driver Software.

Ketika akan update akan muncul pop up, dan klik  Browse my computer for driver software.

Kemudian klik Let me pick from a list of device drivers on my computer di komputer saya di bagian bawah.

Dari daftar, pilih generik USB Hub. Biasanya, tidak akan ada apa pun terdaftar, kecuali satu pilihan. Klik Next kemudian klik close setelah selesai menginstal.

8. Uninstall USB Devices

Sebagai pilihan terakhir, Anda juga bisa mencoba menghapus semua perangkat USB dari sistem Anda dan kemudian me-restart. Kami menyebutkan terakhir ini karena seharusnya secara otomatis mengenali USB controller hub dan perangkat secara otomatis, namun kadang-kadang gagal dan tidak ada port USB yang bekerja.

Caranya adalah sebagai berikut:

Go to Device Manager dan mulai start uninstalling setiap  item yang adai di bawah USB Serial Bus Controllers. Sebelum kamu memulai semuanya yang sudah berjalan, uninstal item yang Unknown Device.

9. Uninstall Hidden Devices

Ada banyak device yang sudah terinstalk kemudian sudah tidak digunakan lagi. Kemudian akan mengalami hidden device, jadi, ini salah satu dari sekian cara untuk memperbaiki USB Device Not recognized sebab, bisa jadi eror di sini.

Device yang tersembunyi dapat crash, kemudian komputer tidak akan merespon pada perintah USB. Lihat hidden device dengan mengetikkan perintah di prompt.

set DEVMGR_SHOW_DETAILS=1

set DEVMGR_SHOW_NONPRESENT_DEVICES=1

start devmgmt.msc

Ketika proses sedang load Anda perluklik pada menu “View ” dan klik pada “Show Hidden Devices”

Catatan: tutorial ini bisa di terapkan baik di windows 10, xp,7 dan 8.

Sekian dulu, tutorial ini kami akhiri dengan harapan akan bermanfaat untuk Anda semua. Dan besar harapan kami jika Anda akan membagikan tutorial ini kepada rekan, kerabat atau yang lain. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam.