Cara Melakukan Update BIOS Komputer Lengkap dengan Gambar

Cara Melakukan Update BIOS Komputer Lengkap dengan Gambar
5 (100%) 11 votes

Pernah menginstal Windows pada komputer atau laptop sendiri? Jika pernah berarti Anda kenal dengan yang namanya BIOS atau Basic Input Output System. Nah, program ini bisa disebut sebagai otak dari perangkat lunak dan perangkat keras seperti keyboard dan semisalnya. Selain itu, letak drive juga diatur dari ini. Jika letak drive salah, Anda tidak akan bisa menginstal Windows. Jadi harus disetting dulu.

Salah satu kesulitan dalam setting BIOS, biasanya bagi mereka yang tidak mengenal dengan baik. Nah, kali ini kami akan hadirkan tutorial seputar BIOS, tepatnya mengenai cara Update BIOS pada komputer Anda. Jadi, seperrtinya ini memang banyak dcari. Sehingga kami hadirkan untuk Anda semua. Nah, tidak usah berlama lagi, mari kita simak saja pada tutorial di bawah ini.

Tutorial Update BIOS Pada Laptop/PC Dengan Mudah

Catatan: Mode atau model biasa pada semua komputer berbeda-beda. Jadi, silahkan bereksperimena sendiri jika menemukan perbedaan dengan gambar yang kami unggah. Sebagai tindakan pencegahan, silahkan ikuti dengan baik tutorial yang kami bawakan.

1. Cari Versi BIOS yang Dipakai

Untuk mengetahuinya, mudah, silahkan kunjungi website pembuatnya. Dan Anda akan menemukan versinya. Nah, sekarang tutorialnya begini:

Tutorial:

  • Pertama silahkan bukalah program System Information pada Windows. Sedangkan pada Windows Vista dan Windows 7,  silahkan ketikkan msinfo32 pada kotak pencarian. Bisa juga dengan cara tulis pada kotak Run pada Windows XP kemudian Anda lalu klik System Summary.
  • Perhatian! Hasil atau versi BIOS akan tampil di bawah kecepatan prosesor.

2. Kenali Pembuat Komputer

Langkah awalnya di sini untuk update BIOS. Mendowngrade atau Upgrade versi Update BIOS yang benar. Mari ikuti tutoril sebagai berikut:

Tutorial:

  • Cek website resmi pembuat komputer jika Anda membeli paket komputer. Namun jika komputer Anda adalah rakitan, cek website pembuat motherboard. Ini cara paling mudah untuk mendapatkan update versi dengan cepat dan akurat. Jika sudah cari tulisan “Drivers and downloads” klik tulisan itu, kemudian download driver terbaru.
  • Pastikan Anda mendownload model sesuai BIOS yang Anda miliki
  • Pastikan fle READ ME dan dokumentasi lainnya terdownload dengan baik.

3. Back Up BIOS

Penting sekali. Dengan back up sama dengan menjaga jika ada kemungkinan terbesar, yakni gagal. Nah, bagaimana caranya? mari simak tutorial di bawah ini agar Anda lebih faham.

Tutorial:

  • Sebagian driver atau software BIOS Updater sudah memiliki fungsi, “Save atau “Backup” manfaatkan ini.
  • Periksa website pembuat Motherboard atau pembuat komputer jika PC Anda rakitan, gunanya untuk mengecek mengenai anjuran back up BIOS yang ada.

4. Membuat Persiapan untuk PC Anda

Yang wajib diperhitungkan adalah listrik mati ketika sedang update. Jadi, inilah yang harus dipertimbangkan baik-baik. Maka jalankan beberapa langkah di bawah ini:

  • Jika update BIOS Laptop, pastikan batere full dan sambungkan ke colokan listrik
  • Jika update pada PC, sambungkan dengan UPS untuk menjaga pasokan listri tetap ada dan aman tentunya

 

5. Jalankan proses update

Sekarang saatnya menjalankan proses update. Instal file yang sudah Anda download pada tutorial awal tadi. Tentunya semua file .exe yang ada. Bukan lainnya.

Tutorial:

  • Silahkan update dengan prantara Flash drive USB. Caranya masukkan ke port komputer kemudian restart agar Booth dari USB yang sudah dipasang
  • Penting! Ada pada beberapa image yang memiliki format khusus, atau file “autoexe.bat” akan memulai update BIOS dengan otomatis. Baca bagian README untuk lebih jelas.
  • Ada dua file, sebagai contoh; “A06_123.bin” dan “Awflash.exe” Masukkan perintah, “Awflash A06_123.bin” tekan ENTER. Dan perintah update akan berjalan

6. Restart Komputer Anda

Jika udate sudah selesai, maka langkah yang tepat adalah restart komputer atau PC Anda. Begitu juga dengan laptop, jadi, tahap ini akan menyempurnakan proses update menjadi lebih baik.

Tutorial:

  • Klik tombol daya pada komputer, bisa juga melakukan shut down biasa
  • Kemudian ambil saklar listrik serta lainnya. Pastikan komputer benar-benar sudah tidak tersambung dengan listrik.
  • Diamkan satu atau dua menit lalu hubungkan kembali komputer ke listrik
  • Hidupkan komputer seperti biasa

7. Kembalikan ke pengaturan semula

Tidak semua atau tidak begitu diperlukan. Makam lihat dulu fitur apa yang tidak perlu atau tidak berfungsi dengan baik. Jika memang ingin mengembalikan BIOS ke pengaturan semula, ikuti tutorial di bawah ini.

Tutorial:

  • Jalankan utilitas BIOS. Bisa juga dengan menjalankan restart komputer kemudian tekan Del dua kali. Pada komputer lain, bisa juga dengan menekan F2, F10, CTRL, ENTER atau ALT+DEL dan banyak lagi.
  • Kembalikan settingan BIOS dengan cara > Restore Default/ Load Fail -Safe Default. Bisa juga perhatikan pada layar BIOS utilitas. Jangan lupa save jika sudah selesai.

8. Setting BIOS

Settingan default sudah cukup bagus. Namun jika Anda ingin mengubahnya, silahkan atur atau setting BIOS sesuai keperluan. Perlu dicatat, sebaiknya Anda didampingi orang yang tahu cara setting BIOS jika Anda adalah pemula dalam hal ini.

Kesimpulan:

  • Update BIOS dilakukan untuk memperbaiki atau repair kesalahan dan juga bug yang ada. Selain itu, gunanaya untuk menambah dukungan pada hardwar dan semislanya.
  •  BIOS dirancang untuk mendukung banyak komponen tertentu. Nah BIOS itu sendiri biasanya berupa EEPROM (Electronically Erasable Programmable Read-Only Memory), dan diprogram dengan firmware. Kemampuan khususnya adalah menyimpan berbagai konfigurasi yang terpakai
  •  BIOS sebaiknya diupdate oleh yang mengerti saja
  •  Pastikan update BIOS didapatkan dari sumber terpercaya
  • Proses update BIOS beresiko pastikan pasokan listrik cukup

Nah, akhirnya tutorial ini selesai juga dan bisa anda praktekkan di Windows 10, XP,7,8 dan OS lainya. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk share informasi ini, agar yang lain juga tahu. Akhirnya kami akhir dengan harapan tutorial kecil ini bermanfaat untuk Anda semua. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.