Cara Mengubah Font Default di Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Mengubah Font Default di Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan
4.8 (96.92%) 13 votes

Pada setiap sistem operasi yang Windows rilis, selalu ada inovasi untuk menambahkan fitur-fitur inovatif  agar pengguna tidak merasa bosan. Baik meningkatkan fitur lama, atau memperkenalkan fitur baru yang lebih produktif.

Meski begitu, Windows memiliki satu hal yang sangat membosankan. Kabar buruknya, hal itu terus diulang, yakni jenis font yang standar. Setiap sistem operasi yang Windows rilis memiliki jenis font default. Dan banyak yang ingin hiburan dari kebosanan tersebut. Jika Anda adalah salah  satu dari sekian orang yang ingin mengganti jenis font, tepat sekali. Karena kali ini kami akan ulas cara mengubahnya.

Default font untuk Windows 10 adalah Segoe UI. Namun, Anda dengan mudah dapat mengubahnya dengan mudah melalui langkah yang diulas dalam artikel ini.

Penting:

Sebelum Anda mengubahnya, perlu Anda tahu bahwa tutorial ini membutuhkan perubahan pada registri. Padahal registri adalah sesuatu yang vital. Sehingga lebih rentan rusak, jika salah. Maka dari itu, segala resiko yang timbul akibat kesalahan dalam praktek tutorial ini di luar tanggung jawab kami.

Tutorial Cara Mengganti Font Default Windows 10 Tanpa Software

  1. Buka kontrol panel
  2. Dari kontrol Panel cari font dan klik  untuk membuka.
  3. Pada kontrol Panel font, akan tampil semua font yang tersedia pada sistem operasi Anda. Dari sini Anda dapat memilih yang font yang Anda inginkan untuk dijadikan sebagai default font. Ada banyak pilihan, mulai dari Arial, verdana dan sebagainya. Perhatikan gambar di bawah ini
  4. Langkah selanjutnya, copy code di bawah ini lalu pastekan di Notepad

    Windows Registry Editor Version 5.00 

    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Fonts]

    “Segoe UI (TrueType)”=””

    “Segoe UI Bold (TrueType)”=””

    “Segoe UI Bold Italic (TrueType)”=””

    “Segoe UI Italic (TrueType)”=””

    “Segoe UI Light (TrueType)”=””

    “Segoe UI Semibold (TrueType)”=””

    “Segoe UI Symbol (TrueType)”=””

     

    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\FontSubstitutes]

     

    “Segoe UI”=”ENTER-NEW-FONT-NAME”

  5. Disarankan untuk mengetikkan code di atas demi menghindari eror. Bagaimana mengubah jenis font? pada ”ENTER-NEW-FONT-NAME” silahkan ganti dengan nama font yang Anda inginkan.Sebagai contoh: “Segoe UI”=”ENTER-NEW-FONT-NAME”Dan Anda ingin mengubah jadi Arial, maka codenya adalah: “Arial”=”ENTER-NEW-FONT-NAME”
  6. Jika sudah selesai, klik save notepad.
  7. Penamaan ketika menyimpan note adalah, dengan ekstensi “.Reg” sebagai contoh: “default-font.reg”. Perhatikan gambar di bawah ini.
  8. Klik save seperti pada gambar di bawah ini
  9. Setelah Anda menyimpan, klik dua kali pada file untuk menggabungkan file ke registri dan kemudian klik Yes.
  10. Terakhir, restart komputer Anda.

 

Dan seharusnya, jika komputer sudah hidup kembali, Anda sudah mendapatkan perubahan, dan font pada komputer Anda sudah berubah menjadi Arial. Selamat mencoba semoga berhasil.