Kumpulan Cara Mudah Mengambil Screenshot di PC/Laptop

Kumpulan Cara Mudah Mengambil Screenshot di PC/Laptop
5 (100%) 11 votes

Anda seorang penulis buku? blogger atau profesi yang biasa membutuhkan screenshoot di komputer? screenshoot adalah cuplikan gambar atau halaman atau obyek yang bisa dicrop dan diambil untuk keperluan tertentu. Kami terbiasa dan sangat butuh dengan screenshoot. Jika Anda butuh screenshoot dan tidak ingin ribet menginstal aplikasi atau semisalnya, coba tutorial berikut.

Screenshoot bukan hanya untuk Anda penulis, blogger dan semisalnya. Tapi jika Anda ingin mengirimkan email dan semisalnya, Anda pun tentu butuh. Nah, sebenarnya banyak sekali aplikasi gratis yang bisa Anda download dan pakai. Tetapi kali ini kami berikan panduan menggunakan fasilitas asli pada OS Windows, mulai dari Windows 7, 8, 10. Seperti apa sih? sedikit informasi. Jika ingin cepat dalam membuat screenshoot bisa pakai cara di bawah ini:

  • Tekan ALT+Print Screen pada keyboar
  • Paste dengan CTRL+V

4 Cara Mengambil Screenshot Layar Pada Komputer Windows

1. Cara Mengambil ScreenShot Gambar di Layar Monitor Tanpa Software

Tahap pertama adalah mengambil gambar caranya dengan menekan:

  • ALT+ PrintScreen untuk keyboard PC
  • FN+Printscreen untuk keyboar laptop

Agar lebih jelas, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Aktifitas ini tidak akan ada suara sama sekali. Bahkan cepat sekali, sekarang setelah bisa mendapatkan screenshoot Anda harus menempelkan atau mempaste, kemudian baru dibentuk menjadi sebuah gambar.

Sekarang waktunya membuatnya menjadi sebuah gambar yang menarik. Adapun langkahnya sebagai berikut. Mari perhatikan langkah-langkahnya seperti di bawah ini. Cara ini bisa dilakukan secara manual, misalnya dengan cara nomor satu kemudian edit dengan aplikasi ini atau langsung mengambil screenshoot dengan Paint. Caranya sebagai berikut.

  • Klik start pada menu windows
  • Klik menu navigasi lalu klin Paint, ini adalah software gambar yang ada di semua OS Windows. Dalam praktek ini kami memakai windows 10. Perhatikan gambar di bawah ini.

  • Paste di Microsoft Paint gambar yang sudah didapat
  • Setelah software Paint terbuka, klik tombol paste yang ada di pojok kiri atas. Lalu pilih Edit kemudian Paste, atau bisa menekan Ctrl + V pada keyboard untuk mempaste tangkapan layar. Halaman atau tampilan akan berbeda pada setiap OS. Baik OS 7, 8 atau 10 tentu beda. Namaun shortcut pada keyboar sama. Silahkan perhatikan gambar!

  • Sekarang lakukan pengeditan sesuai yang Anda inginkan. Misal crop gambar ke area tertentu. Setelahnya silahkan simpan. Caranya klik opsi File utama di sudut kiri atas. Setelah itu, pilih Save as dan pilih mau disimpan dalam bentuk extensi apa.

Nah, pilih format file yang Anda inginkan dari menu drop-down. Format JPG lebih baik dari lainnya namun Anda bisa memakai format lain yang tersedia seperti PNG, BMP, GIF, dan lainnya. Klik tombol Simpan. Sampai di sini selesai.

2. Membuat Screenshoot dengan Onedrive di Windows 10

Cara kedua dengan onedrive yang ada di windows 10. Cara ini juga bagus dan terbukti berhasil. Makanya, kami rekomendasikan untuk Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti tutorial di bawah ini.

Sedikit tips dari kami untuk menggunakan OneDrive Anda bisa menginstal dulu, lalu menekan Print Screen maka akan secara otomatis menyimpan hasil tangkapan layar. Nah hasil akan disimpan otomatis. Posisinya ada di OneDrive / Pictures / Screenshots.

  • Buka Aplikasi Onedrive

Buka aplikasi Onedrive pada menu start > All Apps. Nah, sampai di sini Anda akan mendapati urutannya. Klik Onedrive. Jika belum bisa masuk, maka Anda harus login dengan akun Microsoft. buat email di Hotmail, outlook atau live.com.

  • Langkah berikutnya Tekan Screen Key

Tekan tombol Print Screen, kemudian Anda akan melihat sebuah prompt dari OneDrive, menanyakan apakah Anda ingin menyimpan tangkapan layar Anda ke OneDrive. Silakan dan konfirmasikan dengan cara mensetting, centang. Perhatikan gambar di bawah ini. Dan mulai saat ini, tangkapan akan disimpan dalam format PNG. Cara lain bisa gunakan short cut Alt + Print Screen, untuk mengambil screenshot secara full pada desktop.

  • Cari hasil tangkapan pada folder one drive

Hasil tangkapan bisa dicek pada folder onedrive yang ada di dalam komputer Anda. Caranya klik start pada menu windows. Kemudian klik folder one drive. Dan cek pada folder images. Perhatikan gambar di bawah ini.

3. Cara Screenshot di Windows dengan Aplikasi Snipping Tool

Ini juga merupakan fitur bawaan dari windows. Dan bisa digunakan dengan mudah sekali. Makanya, kami rekomendasikan untuk Anda. Jadi, tidak usah download bahkan hanya perlu melakukan klik pada start button windows kemudian cari aplikasi ini. Untuk memulai, silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

  • Buka Sniping tool
  • Klik menu start pada windows button. Kemudian cari menu atau tulisan Sniping tool. Dan jika sudah klik dua kali agar terbuka. Perhatikan gambar di bawah ini.

  • Pilih jenis Snip

Gunakan mouse atau trackpad untuk menentukan pilihan yang akan dicapture secara manual. Atur sesuai keinginan daerah yang akan diambil screenshootnya. Kemudian jika sudah ikuti langkah berikutnya.

  • Editing

Jika screenshoot sudah dapat, sekarang saatnya lakukan editing. Misal highlight atau anotasi. Jika sudah diedit klik opsi File utama di sudut kiri atas. Setelah itu, pilih Save As, tandai file baru, pilih lokasi penyimpanan, dan pilih format file yang Anda inginkan.

4. Cara Screenshot di Komputer dengan Aplikasi PicPick

Initidak ada di Windows, silahkan download kemudian instal dulu. Untuk mengikuti tutorial ini secara lengkap, ikuti ulasan di bawah ini. Karena ini juga sangat berguna jadi, mari kita simak saja.

  • Buka halaman website ini dan download software Pickpick dahulu. Kemudian instal seperti biasa. Jika sudah selesai proses instal, kemudian lakukan editing serta screenshoot
  • Kemudian Bukan aplikasi Pickpick, cek gambar di bawah ini.

  • Pilih area yang akan diambil. Cara menggunakan sama dengan menggunakan Sniping tool. Klik dua kali pada menu Pikcpick untuk membukanya. Setelah terbuka pilih jenis pilihan dari daftar yang ada di bagian Screen Capture di sudut kiri bawah jendela program utama. Seperti memakai Snipping tool, ada pilihan untuk screenshole bentuk, bentuk persegi panjang, jendela, dan layar penuh, serta pilihan jendela fixed-region dan scrolling untuk kontrol yang lebih besar saat mengambil gambar memanjang.
  • Langkah terakhir. Tentukan daerah yang akan diambil screenshoot dengan menggunakan mouse atau trackpad.
  • Kemdian simpan hasil tangkapan jika sudah selesai. Anda bisa menyimpan menjadi JPG, GIF atau PDF. Perhatikan gambar di bawah ini

Sampai di sini tutorialnya. Kami akhiri dengan harapan ulasan ini akan bermanfaat untuk Anda semua. Dan jangan lupa untuk menantikan update berikutnya dari kami. Tentu saja seputar informasi yang bermanfaat dan menarik. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.