Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7/10 Dengan Rufus [Full Gambar]

Posted on

Halo pembaca sekalian, apa kabar? Hari ini seperti yang sudah admin janjikan sebelumnya, topik yang akan dibahas masih seputar PC. Kali ini giliran mengulas tentang instalasi sistem operasi Windows untuk PC melalui bootable flashdisk. Tentu saja, yang harus kamu ketahui pertama adalah cara untuk membuat bootable pada flashdisk.

Kenapa harus flashdisk? Karena metode ini jauh lebih praktis dibandingkan dengan instalasi melalui CD atau DVD. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat bootable flashdisk, salah satunya menggunakan RUFUS. Sebuah utulitas yang punya fungsi untuk membantu proses format dan membuat flashdisk atau perangkat USB lainnya jadi bootable.

Rufus ini sudah didesain agar bisa digunakan untuk berbagai sistem operasi termasuk Linux dan Windows. Selain itu, juga memiliki kegunaan lain sebagai berikut.

  • Bisa membantu untuk keperluan flash BIO/firmware yang lain (DOS)
  • Bisa membantu untuk beroperasi di sistem tanpa OS terinstall
  • Digunakan untuk pembuatan media instalasi perangkat USB dengan ISO bootable meliputi Linux, Windows, UEFI, dll

Jika dibandingkan dengan software sejenis lainnya, Rufus berada di jajaran terdepan yang punya banyak keunggulan. Bahkan bisa bekerja jauh lebih cepat dibandingkan UNetbootin, dan software yang lain. Cara membuat bootable flashdisk-nya juga mudah, ikuti aja tutorial singkat di bawah ini.

Oh ya sebelumnya kita sudah membahas cara membuat bootable diflashdisk tanpa software loee…. Penasaran langsung saja coba Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7/8/10 Tanpa Software [Full Gambar]

Cara membuat bootable flashdisk dengan rufus terbaru

  1. Download dulu Rufusnya disini

Kalau sudah download softwarenya, jangan lupa masukkan flashdisk ke port usb perangkatmu. Terus kamu jalankan aja software yang udah kamu download tadi, kamu ekstrak juga. Kalau sudah, kamu bisa membukanya untuk mendapatkan tampilan seperti ini.

Keterangan gambar:

  • Device artinya flashdisk atau media yang akan kamu pakai sebagai bootable
  • File System kamu pilih yang NTFS
  • Pilih 2 passes tanpa ceklis untuk Check device for bad blocks
  • Beri tanda ceklis untuk 3 opsi di bawahnya (Quick format, create extended label & icon files, and create a bootable disk using)
  • Browsing untuk file ISO yang akan kamu bootable

Note: file ISO OS windows kamu download dulu ya, karena admin tidak menyediakan link downloadnya di sini.

  1. Setelah kamu membuka file ISO, kamu tekan tombol start seperti gambar ini ya
  2. Nanti kalau muncul popup warning, kamu tekan aja tombol OK
  3. Berikutnya kamu tinggal menunggu prosesnya sampai selesai
  4. Proses yang selesai dan berhasil ditandai dengan munculnya jendela seperti gambar di bawah ini

Selesai deh cara menggunakan rufus windows 10 dan 7, kamu udah bisa memanfaatkan flashdisk bootable-mu untuk menginstall Windows di perangkatmu. Gampang kan? Nah sedikit info tadi semoga bisa membantumu ya, kalau kamu punya kendala lain, coba aja sampaikan di kolom komen. Barangkali admin atau teman-teman yang lain bisa membantu.

Gravatar Image

Author: Muhammad Alrasyidi

Saya adalah seorang blogger sejak 2015 dan suka belajar sesuatu yang berhubungan dengan komputer dan internet. Saat ini sedang mendalami ilmu tentangĀ  Search Engine Optimization. Berharap Mbahpc menjadi media belajar komputer dan internet gratis serta berusaha menyajikan konten-kontenya mudah dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *