Penyebab Laptop Mati Mendadak? Ini Solusinya!

Posted on

Pernah mengalami laptop mati sendiri ketika dihidupkan atau laptop mati sendiri setelah beberapa menit ?? Setelah sekian lama digunakan, perangkat laptopmu bisa saja terkendala masalah. Salah satunya adalah tiba-tiba mati saat digunakan. Tentu saja kamu akan merasa sebal, karena itu mengganggu kenyamanan, bahkan bisa memengaruhi produktivitas kerja. Oleh sebab itu, agar tidak lama terjebak dengan perasaan sebal terebut, coba kamu cari tahu dulu penyebab masalah tersebut kemudian terapkan solusinya.

Laptop Mati Sendiri? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Laptop Harus Bersih dari Debu

Tahukah kamu, jika overheat bisa menjadi penyebab utama laptop tiba-tiba mati? Kotoran dan debu yang menempel akan menumpuk kemudian menghambat sirkulasi udara. Kotornya kipas laptop juga bisa membuat fungsinya tidak bekerja maksimal ketika mencegah panas. Akibatnya, ketika suhu laptop memanas, sistem sensor yang ada akan otomatis mati.

Maka dari itu, kamu perlu memeriksa setiap saluran udara yang ada di bawah laptop dan kipasnya. Pastikan agar tetap bersih, kalau mau aman sih bisa minta bantuan di tempat service resmi.

2. Sudah Cek Kapasitas RAM?

Kamu tahu kan kalau laptop lemot bisa diakibatkan oleh RAM? Makanya banyak orang upgrade RAM ya agar performanya meningkat. Tapi, ketika upgrade RAM tidak sesuai dengan sistem operasi laptop, yang terjadi adalah RAM gagal diakses degan membuat perangkat laptop beroperasi lebih keras lagi. Dan hasilnya, laptop mati mendadak.

Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba untuk melepas kembali RAM yang baru kamu pasang. Belilah RAM sesuai dengan apa yang dibutuhkan laptopmu, jangan terlalu berlebihan. Jika perlu, berkonsultasilah dengan service centre yang resmi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kamu inginkan.

3. Belilah Adaptor Charger yang Baru

Paling berbahaya kalau sampai kamu terkena masalah ini, charger rusak. Karena itu bisa mengakibatkan masalah lain yaitu tidak stabilnya tegangan pada arus listrik, lalu membuat laptop sangat panas dan mati mendadak. Kalau kamu biarkan saja kondisi ini terus terjadi, laptopmu akan cepat rusak. Jadi solusinya? Tentu saja beli charger baru di tempat resmi yang bergaransi.

4. Penggunaan Laptop Wajar

Tiap laptop punya spesifikasi yang berbeda, jadi jangan kamu paksakan untuk bekerja tidak sesuai prosinya. Misal kamu memaksa main game untuk laptop dengan spesifikasi pas-pasan. Jelas itu bisa membuat laptopmu hang kemudian mati mendadak.

5. Jangan ada Virus di Laptop

Keberadaan malware atau virus bisa mengakibatkan kinerja laptop melambat, mudah panas, dan membuat laptop tiba-tiba mati. Oleh sebab itu, kamu harus rajin memindai laptop agar bebas dari gangguan virus. Gunakan software anit virus yang tepercaya.

Kesimpulan umum

Hal yang paling sering saya alami baik dikomputer ataupun laptop kenapa laptop sering mati mendadak adalah disebakan oleh tidak stabilnya kondisi listrik dirumah para pemilik komputer/laptop. Salah satu solusinya yaitu menggunakan UPS.

Beberapa daftar penyebab dan solusi di atas semoga bisa membantu kamu untuk mengatasi maslah laptop yang tiba-tiba mati. Jangan sungkan untuk berbagi ceritamu di kolom komentar, jika itu bukan admin, barangkali ada pembaca lain yang akan membantu menjawab pertanyaanmu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *